DSU DWI SATRYA UTAMA

Home » Jasa Keuangan » PT Tifa Finance Tbk
Sabtu, 21 Okt 2017
http://dsu.co.id/components/com_gk3_photoslide/thumbs_big/487122tifafinance.jpglink

PT Tifa Finance Tbk

Bergairahnya iklim usaha di Indonesia yang membutuhkan dukungan berbagai instrumen keuangan guna meningkatkan daya saing mereka, dimaknai DSU sebagai sebuah peluang. Pada tahun 1989, DSU mendirikan perusahaan pembiayaan yang bergerak dalam usaha pembiayaan sewa guna usaha, pembiayaan konsumen dan anjak piutang.

Pada tahun 1996, perusahaan pembiayaan menjadi perusahaan Joint Venture dengan masuknya Tan Chong Credit Pte Ltd (TCC)- Singapura, yaitu anak perusahaan Tan Chong Motor Group dari Malaysia. Untuk lebih fokus pada bisnis, perusahaan merubah nama menjadi PT Tifa Finance (“Perusahaan”) yang selanjutnya pada tahun 2011 Perusahaan menjadi perusahaan publik dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Saat ini Perusahaan memiliki 2 cabang di Jakarta dan Surabaya, dan 5 kantor perwakilan di Semarang, Samarinda, Pekanbaru, Banjarmasin, dan Makasar.

Sejak awal didirikan Perusahaan memilih segmentasi pasar dalam pembiayaan mesin dan peralatan khususnya alat-alat berat. Pemilihan ini didasarkan oleh pertimbangan :

  1. Permintaan alat-alat berat cenderungbersifat inelastic terhadap tingkat bunga tetapi lebih dipengaruhi faktor harga komoditas.
  2. Jumlah pemain yang lebih sedikit, diantara 203 perusahaan pembiayaan di Indonesia hanya sekitar 20 perusahaan yang bermain di pembiayaan alat berat.
  3. Secara relatif risikonya lebih rendah karena mobilitas obyek pembiayaan (alat berat, mesin, kapal) lebih rendah daripada obyek pembiayaan konsumen (mobil, motor).
  4. Potensi permintaan alat-alat berat di Indonesia masih cukup tinggi. Saat ini permintaan untuk pengembangan infrastruktur di Indonesia cukup tinggi. Berdasarkan riset data Bappenas, target alokasi budget untuk infrastruktur adalah 5-6% dari GDP sementara saat ini masih berada di tingkat 3,25% dari GDP.

Informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi www.tifafinance.co.id